Jumat, 10 Juni 2016

Penyebab Menstruasi Menjadi Tidak Teratur yang Dapat Anda Ketahui

Sekarang ini banyak wanita yang mengalami berbagai masalah dengan masa mentruasi yang tidak teratur. Masalah ini tentu saja sangatlah meresahkan bagi setiap wanita yang mengalaminya. Dan tidak jarang juga mempengaruhi kehidupan mereka. Bagi seorang wanita dalam kondisi normal akan memiliki pola mentruasi dalam 28 hari sekali, namun tidak selamanya setepat itu semuanya bervariasi antara 23 sampai dengan 35 hari. Pada umumnya wanita  akan mengalami menstruasi pada tanggal yang sama di bulan depannya. Jika tidak, dan melebihi batas waktu masa mestruasi tersebut pertanda bahwa wanita tersebut mengalami masalah dengan masa mestruasi yang tidak teratur.

Menstruasi yang tidak teratur disebut juga dengan menstruasi anovulasi atau anovulatory periode, yang dimana mengindikasikan bahwa wanita tersebut tidak berkembang dan dapat melepaskan telur yang matang secara teratur setiap bulannya. Banyak hal yang menjadi penyebab menstruasi menjadi tidak teratur, apakah Anda tahu apa yang menjadi penyebabnya? Langsung saja perhatikan ulasan berikut ini!

Inilah Penyebab Menstruasi Menjadi Tidak Teratur yang Dapat Anda Ketahui

Faktro Fisiologis
Dalam menstruasi hormon seperti esterogen dan progesteron memiliki banyak peran besar dalam siklus menstruasi. Hal ini karenakan kedua hormon tersebut memiliki peranan besar di dalam siklus menstuasi dimana keduanya beranggung jawab mengatur evolusi di dalam siklus tersebut. Jika kedua hormon tersebut tidak seimbang di dalam tubuh wanita maka akan memicu ketidakmampuan dalam berevolusi secara rutin dan membuat mentruasi menjadi tidak lancar. Untuk menjaga keseimbangan hormon tersebut dapat dilakukan dengan cara menjaga pola hidup sehat, melakukan diet seimbang, olahraga teratur dan masih banyak lagi lainnya.

Faktor Psikologis
Selain karena disebabkan oleh faktor fisiologis, faktor psikologis seseorang juga dapat mempengaruhi terjadinya siklus menstruasi yang tidak lancar. Diantaranya mengalami stres yang berlebihan, kecapekan dan masih banyak lagi lainnya. Jika faktor ini tidak terkontrol maka dapat menyebabkan tubuh menjadi stres dan tertekan. Pada akhirnya, kondisi ini bisa membawa masalah pada ketidakrutinan siklus haid. Temukanlah hal-hal yang anda sukai untuk dilakukan dan buatlah jadwal atau rencana untuk meredakan stress sehari-hari. Beristirahatlah dalam bekerja dan bersantailah sesantai-santainya tanpa mencemaskan hal apapun.

Nah itulah kedua faktor yang mendominasi seorang wanita mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur. Selain itu juga dapat dipengaruhi karena terdapat salah satu penyakit yaitu kista dan masalah keturunan yang bisa mempengaruhi siklus haid. Sebagai langkah awal untuk mencegah hal tersebut terjadi maka yang harus Anda lakukan pertama kali adalah menjaga pola hidup yang sehat. Tapi jika hal ini tidak mengalami perubahan maka sebaiknya Anda segera untuk melakukan konsultasi ke dokter yang dapat membantu menganalisis penyebab dan memberikan pertolongan yang tepat bagi Anda. Semakin cepat Anda melakukan tindakan maka semakin baik pula hasil yang di dapatka. Karena banyak kasus yang sering kali menganggap sepele hal ini dan alhasil menjadi salah satu pemicu penyakit berbahaya yaitu kista. Kista memang menjadi penyebab utamasetelah faktor psikologis dan fisikologis yang dapat memperngaruhi siklus menstruasi. Jika sudah dinyatakan terdapat kista maka tindakan yang harus dilakukan adalah dengan cara di operasi. Itulah bahayanya jika Anda tidak melakukan tindakan secepat mungkin dalam menangani masalah ini. Sekian dan semoga penjelasan kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Baca juga 

http://mbahlanh.com/menu-buka-puasa-untuk-diet-sehat.html
http://mbahlanh.com/ciri-ciri-gejala-darah-tinggi-cara-pencegahanya.html
http://mbahlanh.com/ciri-ciri-gejala-cara-pencegahan-penyakit-hipertensi.html
http://mbahlanh.com/ciri-ciri-penyebab-gejala-sakit-ginjal.html
http://mbahlanh.com/gejala-dan-cara-pencegahan-penyakit-diabetes.html
http://mbahlanh.com/gejala-awal-penyakit-anemia-cara-pencegahanya.html
http://mbahlanh.com/cara-memutihkan-wajah-secara-alami-dan-cepat.html
Tips Mengatasi vertigo paling tepat dan cepat
Cara mengeriting rambut tanpa catok paling mudah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar